Sabtu, 04 Februari 2012

Kelainan dan Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah

1.Anemia

Anemia sering disebut sebagai penyakit kurang darah .Anemia terjadi akibat jumlah hemoglobin dalam sel darah merah kurang. Jumlah sel darah merah yang dihasilkan lebih sedikit daripada jumlah sel darah merah yang mati.Anemia dapat diatasi dengan transfusi darah.

2.Leukimia

Leukimia disebut juga kanker darah.Leukimia sebenarnya adalah kanker pada sel sumsum tulang yang menghasilkan sel darah putih.Pada leukemia, jumlah sel darah putih sangat banyak.Di samping itu sel-sel darah putih menjadi “ganas” dan memakan sel-sel darah merah sehingga penderita akan mengalami anemia berat.

3.Thalasemia

Penyakit keturunan dimana tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin dan sel darah merah.Akibatnya penderita mengalami Anemia.

4.AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome)

Penyakit AIDS disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Pada pengidap penyakit AIDS, sel darah putih lebih cepat mati dan tidak berfungsi.Hal tersebut terjadi karena penyakit AIDS menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga kekebalan tubuh tidak berfungsi.Akhirnya penderita dapat mengalami kematian.

5.Hemofilia

Hemofilia adalah penyakit darah sulit membeku.Penderita dapat mengalami kekurangan darah bahkan dapat menyebabkan kematian.Penyakit ini bersifat menurun.Hemofilia umumnya di wariskan kepada keturunan laki-laki.Pada perempuan, hemofilia bersifat mematikan.Karena bersifat menurun, penyakit ini tidak dapat disembuhkan.Sehingga orang yang menderita hemofilia harus dijaga agar tidak mengalami luka atau pendarahan besar.


6.Tekanan Darah Rendah

Penderita kelainan ini memiliki tekanan darah berada di bawah normal.Pengembalian darah ke jantung berkurang akibat kerja jantung menurun.Penyebabnya antara lain, prubahan posisi tubuh dan berkurangnya volume darah akibat pendarahan atau muntaber.Gejala yang biasa timbul adalah pusing, lesu, penglihatan berkunang-kunang dan sering pingsan.

7.Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Gejala penyakit ini adalah tekanan darah diatas normal.Jantung penderita bekerja lebih keras bahkan dapat memecahkan pembuluh darah.Penyebabnya adalah kelebihan kolesterol yang mengakibatkan menyempitnya pembuluh nadi.Penyebab lain ialah, faktor keturunan, stres, usia, kebiasaan merokok dan minuman beralkohol.

8.Penyakit Jantung

Gangguan jantung merupakan gangguan kerja jantung dalam memompa darah. Penyebabnya antara lain kelebihan kolesterol.Kolesterol yang berlebihan akan menyumbat pembuluh nadi sehingga menghambat aliran darah.Penyebab lain adalah kegemukan (obesitas).Tubuh orang gemuk memiliki banyak lemak dan kolesterol sehingga rawan penyumbatan pembuluh darah.

Pada kasus gagal jantung, terjadi penurunan kerja atau kontraksi jantung.

Gejala umum orang yang berpenyakit jantung adalah nyeri di bagian dada, sesak dan cepat lelah.

9.Varises

Varises adalah melebarnya pembuluh vena di kaki.Penyakit ini terjadi karena aliran darah ke tubuh bagian atas tertahan.Penyebabnya adalah kaki terlalu berat menahan beban.Misalnya karena hamil, terlalu lama berdiri dll.

10.Wasir (Hemoroid)

Wasir atau ambeien (hemoroid) ialah membesarnya vena yang terdapat di sekitar lubang anus.Penyebabnya adalah karena aliran darah di vena tersebut tidak lancar.Misalnya karena terlalu banyak duduk, kurang gerak atau karena terlalu kuat mengejan.

11.Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penyempitan pembuluh arteri akibat timbunan lemak (kolesterol) yang membentuk kerak (plak) di dinding arteri.Akibatnya, lubang arteri menyempit dan mengakibatkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Penderita aterosklerosis adalah mereka yang suka mengkonsumsi makanan berlemak.

12.Arteriosklerosis

Arteriosklerosis ialah pengendapan kapur yang menyebabkan dinding arteri mengeras dan pembuluh arteri membesar.Kelainan ini dapat menyebabkan hipertensi.

13.Aneurisma Aorta

Aneurisma Aorta terjadi ketika ada sesuatu yang salah dalam dinding aorta.

Hal ini dapat disebabkan karena tekanan darah aterosklerosis yang tinggi dan obesitas.

14.Aritmia

Aritmia adalah kondisi ketika irama jantung tidak teratur.

15.Cardiomyopathy

Cardiomyopathy ialah penyakit kronis yang melemahkan otot jantung.Hal ini dapat berakhir dengan serangan jantung bahkan kematian.

16.Penyakit Arteri Koroner

Penyakit Arteri Koroner disebabkan oleh aterosklerosis.Ketika aliran darah ke jantung berhenti karena bekuan, penderita akan mendapatkan serangan jantung.Sebuah serangan dapat merusak otot jantung.

17.Perlipidemia Jam atau Hiperkolesterolemia

Perlipidemia Jam atau Hiperkolesterolemia adalah kondisi ketika seseorang memiliki jumlah kolesterol yang berlebihan dalam darah.Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung.

18.Penyakit Pembuluh Darah Perifer

Penyakit Pembuluh Darah Perifer terjadi apabila arteri di kaki mendapatkan deposit lemak.Hal ini terjadi akibat hipertensi, obesitas dan merokok.

19.Angina

Angina terjadi ketika ada sebuah blok di dalam pembuluh darah yang menuju ke jantung.Penderita angina akan mengalami nyeri dada akibat berkurangnya pasokan darah dan oksigen ke jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar